Sunday 17 April 2016

Mengenal bagian-bagian TV-LCD

Belajar mengenal bagian-bagian LCD TV

      Pada postingan kali ini saya mau mengajak anda untuk mengenali bagian-bagian TV LCD, dan seperti kita ketahui bahwa perkembangan televisi saat ini sudah sangat pesat, dimana dahulu kala pertama kali ada psawat televisi adalah tidak berwarna black white alias hitam putih, dan casingnya pun masih terbuat dari kayu, yang pertama kali komponennya besar-besar sekarang sudah menjadi kecil-kecil.

      Meskipun sudah sangat banyaktrknisi tv baik yang tabung atau yanga LCD dan LED,namun tak ada salahnya juga bila kali ini saya ingin berbagi tau tentang dunia elektronik khususnya di bidang Audio-Video. Dan langsung saja ke pokok pembahasan saya akan mengajak anda untuk melakukan operasi bedah LCD TV, maksud dan tujuan kali ini adalah agar anda dapat mengetahui bagian-bagian LCD TV.
Ini adalah share dari pengalaman saya yang pernah membongkar TV LCD,meskipun masih banyak konsumen saya yang menggunakan tv tabung untuk di perbaiki.


Belajar mengenal Blok LCD TV


Lcd tv pada dasarnya terdiri dari 4 blok, yaitu:

1) Blok power suply :
Ciri-ciri bagian ini adalah adanya trafo besar, biasa disertai dengan elco yang besar pula, dan pastinya dia adalah yang mensuplay tegangan, jadi akan ada kabel yang melaluinya.

2) Main board :
Main board bisa dibilang otak dari rangkaian, dimana ciri khas dari rangkaian ini adalah adanya IC sebagai komponennya, dan terdapat banyak IC pada televisi lcd ini. Semua dikontrol dari rangkaian ini, bisa di bilang rangkaian pengendali.

3) LCD dan Board LED :
Pada Lcd tv ada led sebagai penerang gambar, ciri khas rangkaian ini adalah adanya led display yang biasa terdapat di samping kanan atau kiri biasa dibawah, rangkaian memenuhi ruang sisi dari lcd. Sedangkan rangkaian LCD sendiri adalah bagian yang paling besar yang ada pada televisi anda.

4) Blok rangkaian inverter :
Rangkaian ini adalah Board dari lcd tv, bisa anda lihat pada gambar adalah bagian yang paling atas, ciri rangkaian ini adalah adanya kabel flexibel yang masuk atau mengontrol rangkaian gambar pada televisi lcd.

Karena lcd memerlukan kestabilan tegangan yang tinggi ( hanya untuk televisi lcd yang berukuran besar), terutama untuk tegangan ke inverter ,maka dari tegangan litrik ke tegangan 220 V di stabil kan dulu dengan switching, setelah tegangan 220 stabil baru di proses di power suply kecil untuk tegangan stanby 5v , dan power suply satu lagi untuk tegangan inventer 24v dan tegangan untuk main board 5v& 12v, ada beberapa merk yang pakai tegangan 3,3v.

Dan apabila ada kerusakan bagian power suplay bisa sobat atasi dengan, menggantinya dengan suplay DVD, dan selanjutnya tinggal mengatur jalur tegangannya.

 Sumber : http://dingdongtv.blogspot.com/2013/02/belajar-mengenal-bagian-lcd-tv.html

     Sekian info dari saya,semoga bisa membantu anda untuk berani mencari tau tentang bagaimana caranya memperbaiki tv LCD sendiri.

No comments:

Post a Comment