Friday 11 December 2015

Teknik membuat gambar bergerak (animasi)

Sebenarnya sih saya lagi malas berkelana di dumay,lantaran selain sibuk dengan pekerjaan saya,sayapun juga tengah menjalankan ibadah puasa,jadi serba tepat alasan untuk tidak berinternet ria untuk sementara,so...pemilik blog www.anggidannova.blogspot.com pun ingin menyempatkan diri untuk mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa untuk semua pembaca yang sudah hadir di sini.

     Dan untuk rekan saya yang pernah bertanya melalui inbok fb,mudah-mudahan bisa membaca postingan ini,berhubungan dengan bagaimana cara membuat gambar bergerak atau di sebut animasi.

Pertama yang harus di lakukan adalah tentunya mempunyai sebuah program komputer yang bernama adobe photoshop,karena di dalamnya kita bisa membuat gambar animasi dengan jump ke image ready yang sudah tertanam di photoshop,terserah mau pakai versi berapa,di sini saya pakai photoshop versi 7.0



kemudian kumpulkan beberapa foto yang akan di buat bergerak (kalau bisa ada jalan cerita dari beberapa foto tersebut bila nantinya di gabungkan) seperti yang akan saya contohkan di hasil akhirnya,dan saya akan memberi contoh foto yang akan saya jadikan animasi di bawah ini.



Nah itu adalah 4 buah foto yang sudah saya tentukan untuk sebuah hasil akhir foto yang bergerak,selanjutnya adalah mengambil bagian-bagian penting dari masing-masing foto tersebuat di atas dengan cara meng extracknya terlebih dahulu,buat yang belum tahu apa itu sxtract foto,dapat membaca di blog teman saya tentang cara mengekstrak photo di photoshop.

Lanjut...
Kita mulai menyusun ke empat foto yg sudah di exract dan tentunya ada beberapa foto yang harus di duplikat sesuai banyaknya jumlah gerakan pada hasil akhir,lalu di gabungkan semuanya menjadi satu layer,seperti contah di bawah ini.


Setelah semuanya berada dalam 1 layer foto,selanjutnya kita menjumpingkan layer tersebut ke dalam image ready,caranya yaitu dengan mengklik icon image ready,maka secara otomatis kita akan di bawa pada program image ready yang sudah mempunyai fitur animasi.


Di sinilah dita mulai memainkan bagaimana kita mengatur gerakan pada gambar yang sudah di kumpulkan tadi,mulai dari waktu pergerakan sampai berapa banyak gerakan yang bisa membuat gambar-gambar tersebut seperti hidup


mohon maaf kalau cara menerangkan tehnik membuat animasi ini kurang detail,karena mata sudah ngantuk jadi nggak konsen karenaa harus tidur untuk persiapan makan sahur nanti malam,mudah-mudahan bisa sedikit membantu untuk membuat gambar bergerak tersebut.

No comments:

Post a Comment