Friday 20 November 2015

Skematik peringatan lampu motor

     Pernahkah anda di saat perjalanan dengan kendaraan bermotor tiba-tiba di stop petugas lantaran lampu motor anda mati?
Sebelum saya lanjut,terlebih dahulu saya sempatkan untuk berucap selamat gini hari buat semua pembaca setia bengkelmultiteknik,bagi penyayang tunggangan roda 2 tak ada salahnya membaca yang satu ini utk menambah kreatifitas anda dengan membuatkan kode angka utk starter motor yang anda tunggangi,
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman tentang kejadian yang benar-benar saya alami sendiri ketika dalam perjalanan dari jakarta menuju purwokerto tepat di depan pasar yang nama pasarnya saya lupa,namun pastinya pasar itu berada di dalam kota cirebon.
Entah saat itu saya lagi di rundung sial atau memang polisi di situ terlalu jeli untuk melihat kesalahn pengendara sepeda motor.
     Awalnya dari kejauhan selepas tikungan menuju pasar itu,saya melihat dari kejauhan ada beberapa petugas yang sedang mengatur lalu lintas,saya tetap enjoy mengendarai sepeda motor saya,tetapi alangkah kagetnya saya ketika ada satu petugas memberhentikan motor saya,spontan saya harus pasrah karena petugas itu menunjuk ke arah lampu motor saya yang dalam keadaan off (mati).
Apapun alasan yang saya berikan takkan lepas dari proses tawar menawar di dalam sebuah pos yang ada di dekat situ,meski saya ingat betul,usai beeristirahat di bawah pintu masuk perbatasan kota cirebon,bahwa saat saya menyalakan motor,semua lampu sudah dalam keadaan ON (nyala),tapi entah kenapa begitu ada petugas kok ya lampu motor saya jadi dalam keadaan OFF,nasib....nasib...

Dari kejadian itu,sesampainya di rumah,saya langsung berencana untuk membuat motor saya agar pada saat dalam perjalanan dengan mengendarai sepeda motor,dan tiba-tiba lampu motor saya mati mendadak,maka akan ada suara peringatan yang berbunyi dari sebuah buzzer yang saya letakkan di motor saya,walhasil terbukti sampai saat ini peringatan dari bezzer itu selalu bebrbunyi bila lampu motor saya dalam keadaan OFF,dengan begitu saya bisa lebih berhati-hati bila ingin terus melanjutkan perjalanan,apakah ada petugas atau tidak.

Buat pembaca yang ingin menerapkan buzzer peringatan lampu motor di kendaraanya,bisa melihat rangkaian sederhana yang saya share di sini dengan harapan bisa membantu pengeluaran pada saat berpergian menggunakan sepeda motor.


Semoga bermanfaat buat semua untuk post kali ini,salam semangat!

No comments:

Post a Comment