Saturday 21 November 2015

Merakit charger ponsel yg kompatible dgn BB

     Sudah banyak artikel yang di posting tentang cara membuat charger untuk ponsel,dan dari sekian banyaknya rangkaian itu tak satupun yang bisa di gunakan untuk mengisi bateray blackbery,semuanya sudah saya buktikan dengan berkali-kali saya lakukan praktek atau pengujian.
Dalam benak saya berfikiran,apakah pemilik blog yang memposting tangkaian itu sudah mempraktekannya atau belum? atau hanya di copy dari blog sebelah dan di pastekan untuk postingan blog sendiri?
     Memang sih semua rangkaian charger hp yang banyak tersebar di internet sangat support untuk ngecarge ponsel biasa yang hanya membutuhkan tegangan output 5v,tapi jangan pernah anda berharap rangkaian itu bisa di gunakan untuk perangkat BB,karena anda hanya capek doang dalam merakitnya dan hasilnya akan seperti ini.


Sungguh menjengkelkan bukan? sebelum anda melanjutkan membacanya,ada baiknya bila anda juga membaca postingan saya tentang cara membuat lilin elektronik yang full fungtion

     Saya sangat iba bila yang mencoba rangkaian charger hape itu ternyata adalah para pelajar yang sedang belajar membuat rangkaian charger ponsel,tapi hasilnya mengecewakan karena ternyata tidak support untuk Blackberry,harga charger BB memang tidak seberapa dan dapat di katakan murah bagi kalangan yang berkemampuan untuk membelinya,tapi lain cerita bila seorang pengguna BB yang hobby dengan elektronika apalagi baru memulai belajar elektronika,pastinya akan memiliki kepuasan tersendiri kalau charger BB nya adalah hasil buatan sendiri.

Oleh karena itulah,untuk kini saya ingin memposting rangkaian chrger ponsel yang juga support untuk Blackberry,tak lepas dari komponen-komponen bekas yang tidak terpakai dan sayang untuk di buang seperti baterey yang saya ambil dari jeroan cahger laptop yang sudah tak terpakai


dan di tambah dengan sedikit komponen lainya seperti ic 78m05,diode,resistor dan elco.
Oh iya khusus untuk jenis ic 7805 sebisa munkin pakai yang type 78M05 jangan yang AN7805 atau KIA7805 seperti yang saya tunjukan pada gambar berikut


Dari ke empat ic 7805 di atas,hanya yang paling bawah yang bagus untuk di gunakan yaitu 78M05 karena terpengaruh arus yang di hasilkannya.

     Untuk yang sudah siap untuk membuatnya silahkan perhatikan diagram berikut



Dengan ketelitian yang di fokuskan pada konektornya,disini kita memerlukan sebuah resistor yang di hubungkan untuk pin konektor data+,yang akan menjadi data untuk terbaca oleh BB saat pengecasan
Rangkaian tersebut sudah di praktekan dan di tes dengan hasilnya terlihat di gambar berikut


Terbukti gambar indikator baterey sudah membaca chager yang di gunakan dengan rangkain yang saya posting di sini,selamat mencoba! dan jangan lupa juga untuk mencoba membuat lilin elektronik yang saya sajikan di sini
 

No comments:

Post a Comment