Thursday 26 November 2015

Daftar komponen rangkaian stater motor dengan kode angka

     Pada saat saya mengupdate posting dengan judul Stater motor dengan kode angka,sama sekali saya tak memperhatikan bahwa komponen yang tertera di dalam wiring diagramnya memang sangat tak jelas,itu lantaran saat saya mengcapturenya dari software livewire yaitu software yang digunakan untuk membuat,menguji dan mensimulasikan suatu rangkaian elektronika yang akan di ciptakan ternyata file terlalu kecil ketika saya edit hasil screenshootnya melalui photoshop.
Tapi jangan khawatir,bagi para penghobby elektronika yang terkendala dengan tulisan pada bagian komponen di rangkaian Stater motor dengan kode angka,karena di postingan kali ini saya akan menjawab sebuah komentar di akun Facebook saya mengenai hal itu.

     Berikut Daftar komponen yang anda butuhkan untuk bisa merakit Stater motor dengan kode angka

Untuk yang menggunakan Transistor sebagai Drivenya
R1,R4,R5,R8 = 4,7k
R2,R3,R6,R7,R9 dan R11 = 10k
R10 = 1k
R12 = 100k

C1,C3,C4,C5=100n
C2 = 100uf/16
C6 = 470uf/16

Q=BC 547 (NPN)
Q=BC 557 (PNP)
Q=TIP31c (NPN)

D = IN4002
RY1 dan Ry2 = 12v
IC = gerbang AND

Sedangkan untuk yang menggunakan IC sebagai Drivernya adalah
R1=1k2
R2=470
R3=1k
R4=100k
R5=10k

C1=10u/16
C2=220
Q=BC 547 (NPN)
D = IN4002
RY1 dan Ry2 = 12v 
IC = Gerbang AND

     Di antara daftar komponen di atas,saya menuliskan untuk IC bahwa yang di gunakan adalah gerbang AND berapapun type IC nya,dan utk transistor saya tuliskan dengan kode NPN dan PNP,karena saya yakin para pecinta elektronika pastinya sudah paham dengan jenis-jenis transistor,dan bagi yang belum paham mengenai Gerbang AND,anda bisa membacanya disini
Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment