Friday 13 November 2015

Automatic Transfer Switch

     Bagi sebagian masyarakat,masih banyak yang belum mengenal apa itu yang di namakan Automatic Transfer Switch atau yang lebih di kenal dengan sebutan ATS.
Namun khususnya masyarakat yang telah memiliki Generator set (Genset) pastinya tahu apa yang di namakan dengan ATS tersebut,setidaknya pernah mendengar tentang pelengkap genset yang bekerja secara ototmatis itu.
Bagi yang belum memiliki Genset ada baiknya untuk sekedar tahu tentang kerja dari ATS itu,agar sekiranya paham tentang penggunaan ATS di saat nanti mempunyai keinginan untuk memiliki pembangkit listri sendiri untuk di rumah.
     Perkembangan dan terobosan-terobosan dalam masalah energi listrik sudah sedemikian maju. Termasuk dalam masalah mesin generator atau genset.
Terobosan ini dimaksudkan atau bertujuan mempermudah pekerjaan yang harus dilakukan manusia. ATS atau auto transfer switch baru populer di indonesia sejak tahun 2000-an karena sebelumnya para pengguna genset masih menggunakan Auto-manual.
     Cara kerja genset ATS ini sebenarnya sama saja dengan genset manual akan tetapi ada beberapa tambahan atau alat yang harus ada untuk mendukung genset manual menjadi ATS,misalnya pada Panel Genset harus di lengkapi dengan timer,contaktor dan juga tentunya ada beberapa alat pendukung lainnya termasuk alat penyimpan daya DC untuk menghidupkan mesin yang ada dalam panel saat daya dari PLN terputus.
Dalam gensetnya sendiri harus di lengkapi dengan Aki untuk memberikan daya DC ke mesin panel.,
berikut adalah salah satu contoh gambar dari perangkat ATS
 
                                                          Panel-ATS
ATS yang seringkali mendampingi genset model ini banyak di gunakan oleh perusahan seperti Pabrik, hotel, rumah sakit dan bahkan bankTidak
kebayang jika Rumah sakit besar tidak mengunakan genset ATS pada saat melakukan Operasi berat pada seorang pasien dan tiba-tiba Daya dari PLN mati lalu operasi di teruskan beberapa menit setelah genset hidup.
Atau bayangkan jika di sebuah bank sedang sibuk melakukan transaksi keuangan yang penting tiba-tiba PLN mati sedangkan nasabah sudah mengular di ruang tunggu.
Dengan ATS selisih waktu dari Saat PLN mati dengan hidupnya genset bisa kita atur menggunakan timer,tentunya dengan menggunakan waktu yang sesingkat mungkin,dan untuk mengatur waktunya ATS bisa hidup hanya 5-8 detik setelah PLN mati.

     Demikian sedikit gambaran tentang ATS yang berfungsi sebagai pemindah arus PLN ke Generator secara otomatis,utnuk yang belum juga kenal dengan Generator Set,silahkan baca postingan saya yang ini.

No comments:

Post a Comment