Thursday 5 November 2015

Cara bijak menggunakan genset mini

   
Image result for gambar genset mini
      Mendekati tahun 2016,semakin marak isu tentang pemadaman listrik bergilir,karena di dalam negri sedang di sibukkan dengan rencana pembangunan pembangkit listrik yang semoga saja lekas terealisasi untuk segera bisa di nikmati oleh kita semua,amin.
Di pasaran saat ini,kita bisa menemui produk-produk mesin genset mini dengan harga yang relatif terjangkau,walau umumnya adalah produk china,yang paling kecil menggunakan mesin 2 tak sekelas mesin potong rumput dengan cc yang kecil pula.
Meskipun kecil,pada generator tersebut terdapat 2 pilihan outptnya yaitu AC dan DC dengan output sebesar 800 watt dan maximum powernya 900 watt.
Fasilitas ini sngat berguna,terutama bagi yang di rumahnya banyak menggunakan perangkat dgn arus DC,bagi yang ingin tahu tentang cara kerja mesin 2 tak,anda bisa membaca postingan saya di sini
     Generator mini yang sangat populer di era sekarang pada umumnya menggunakn mesin 2 langkah,di mana bahan bakarnya menggunakan bensin campur,maksudnya bensin campur di sini adalah bahan bakar bensin yang di campur dengan oli atrau pelumas mesin 2 tak dengan perbandingan tertentu.,biasanya perbandingan itu sudah di tuliskan pada buku manualnya yang rata-rata perbandingannya adalah sekitar 1:50 dan oli 2 tak bisa di beli di bengkel-bengkel motor yang banyak tersebar di daerah kita.
Cara termudah untuk memilih mesin genset yang anda butuhkan adalah dengan mempertimbangkan konsumsi peralatan listrik yang paling penting di gunakan dalam rumah tangga misalnya...mesin pompa air yang anda gunakan membutuhkan listrik sekitar 500 watt maka anda dapat mempertimbangkan untuk membeli mesin genset yang kecil saja dengan kapasitas output cukup yang 900 watt saja,dengan demikian anda bisa menyalakan pompa air anda dengan tetap bisa menghiduppkan 1 atau 2 buah lampu sebagai penerangan sekaligus.
Yang perlu di ingat adalah bahwa output dari mesin genset itu tidak terlalu stabil,jadi sebaiknya jangan terlalu banyak membebani dalam penggunaannya.,usahakan untuk selalu menggunakan di bawah kapasitas maksimalnya,jika tidak maka anda hanya di minta untuk tenggal memilih antara koil genset anda yang rusak atau peralatan listrik anda yang akan rusak.

     Menurut saya,di negeri ini kebutuhan yang paling penting dalam keadaan darurat adalah pompa air,penerangan dan pengisian baterey alat komunikasi.
Dalam situasi tertentu listrik juga di butuhkan untuk peralatan medis,jadi perhitungkan dengan bijak kebutuhan listrik yang anda gunakan di rumah,ini bisa menentukan biaya yang anda butuhkan untuk membeli generator set.
Jika anda mengalami kesulitan seputar masalah generator set,anda bisa meminta kami untuk memberikan solusi service dan perbaikan peralatan teknik anda dengan meninggalkan komentar atau email langsung ke kursi13c@gmail.com.

     Satu pertimbangan lain yang tidak kalah pentingnya adalah biaya perawatan,karena mesin genset membutuhkan perawatan yang teratur dan tentu saja anda menginginkan mesin itu berfungsi pada saat kita butuhkan,mesin genset mini 2 langkah biasanya tidak terlalu sulit dalam perawatannya,yang penting anda selalu cek pelumas dan sebisa mungkin memanaskan generator di setiap jangka waktu tertentu.
Dan sebagai catatan bahwa mesin genset hanya memiliki 2 bagian yaitu motor penggerak dan koil/kumparan sebagai pembangkit listriknya,mesin bergerak memutar magnet di tengah poros kumparan (rotor),putaran magnet itu menggerakan elektron dan akhirnya menimbulkan listrik,itulah yang di sebut GGL (Gaya Gerak Listrik)  bukan GGS (Ganteng-Ganteng Srigala)

2 comments:

  1. Ass.salam knl mas broo,genset 900w.ganti spoel,api di eletroda busi kadang ada kadang hilang.apa rangkaiyan pengapianx hrs di ganti semua komponennya?....trus cara mengecek spoel,cdi,koill tanpa apvo meter gimn carax?....mohon panduanx mas broo.Email (iqyubal@gmail.com).tanks sblmx mas broo.

    ReplyDelete
  2. Bos sy mau tanya pakai oli apa ya merk HONDA mesin 2 tak bahan bakar bensin soalya sy coba oli motor malah tidak bisa hidup seblum di ganti oliya msih bisa hidup .. knapa ya bos apa oliya salah.. trima ksih sblum ya

    ReplyDelete